Minggu, 17 April 2011

No. 2 Tahun ke-I, 28 Februari 2011 BPB News Informasi Geliat Biro Pelayanan Buruh LDD- KAJ Email : bpb.ldd@gmail.com

Sosialisasi CU PAS

TANGERANG, BPB- Forum Buruh Bangkit bekerjasama dengan CU PAS memberikan pendidikan dasar CU kepada buruh PT. Xerama Tangerang, Minggu 20/2.

Diksar CU yang diikuti 38 buruh, difasilitasi oleh Bapak Andreas Shukur & Slamet Hendrikus.

Selain pentingnya membuat perencanaan keuangan keluarga & pentingnya menabung, peserta mendapat pengetahuan dan pemahaman tentang Cu dan aturan mainnya.

Sebanyak 38 buruh tertarik untuk bergabung dengan Kopdit Credit Union Perkakas Sejahtera.

70 Persen Buruh Kontrak

BEKASI, Hampir 70% buruh di Bantar Gebang – Bekasi berstatus kontrak (harian lepas,borongan dan sejenisnya).

Data tersebut diungkapkan peserta pertemuan sosialisasi & penjajagan kerjasama antara Biro Pelayanan Buruh LDD dengan Aliansi Serikat Buruh di Bantar Gebang – Bekasi, Sabtu (19/2).

Target Berarti Uang

JAKARTA, BPB – Semakin memenuhi target, semakin banyak uangnya, namun badan capek & gampang terserang penyakit. Seorang buruh borongan yang tinggal di Perumnas Rusun Cengkareng- Jakarta Barat mengungkapkan pengalamannya pada pertemuan koordinasi buruh kontrak & outsourcing(12/2).

Sementara peserta yang lain, sulit datang kepertemuan karena selain bekerja , harus mengerjakan pekerjaan domestic. Mereka berharap mem - folow – up kerjasam dengan pihak BPB dalam pemberdayaan ekonomi buruh.

Mempersiapkan Warung Sembako

TIGARAKSA, BPB – Kelompok Buruh Kontrak & Outsourcing wilayah Tigaraksa mempersiapkan warung sembako murah untuk anggotanya di Perum Tigaraksa (rumah Rosalia). Samapi sekarang asetnya Rp. 1.300.000.

Menindaklanjuti Sosialisasi Tema APP 2011

JATAKE, BPB- Biro Pelayanan Buruh telah mengorganisir buruh kontrak & outsourcing dalam bentuk pertemuan di Sentrum Buruh Cikoneng Tangerang, Sabtu (19/2).

Sebanyak 15 buruh membicarakan tindak lanjut sosialisasi tema APP 2011 & sosialisasi CU PAS, juga muncul kebutuhan akan koperasi sembako murah.

Harta Memilik Fungsi Sosial

JAKARTA, BPB – Harta milik kita adalah anugerah Tuhan, oleh sebab itu, memiliki fungsi social. Staf BPB & Mitra mengikuti rekoleksi yang diselenggarakan oleh Lembaga Daya Dharma, Senin (28/2).

Rekoleksi menggagas tema APP 2011 “Mari Berbagi” difaslitasi oleh Rm Y. Edi Mulyono SJ, menghasilkan rencana aksi: saling menyapa, pengolahan karakter, aksi pengumpulan dana sepanjang tahun

Progres Report Februari

JAKARTA, BPB- Rapat pendamping buruh di ruang kerja BPB, Jum’at (4/2) selain membuat progres report kegiatan bulan Januari juga sosialisasi format pelaporan.

Hadir dalam rapat tersebut: Deli, Sr Angeline SFD, Kasminah, Andreas Shukur, Slamet Hendrikus dan L. gathot W

Revitalisasi Peran FPBN

JAKARTA, BPB – Forum Pendamping Buruh Nasional mengadakan temu tahunan di Griya Hening Baturaden – Purwokerto, tgl 9 – 11 Februari 2011. Pertemuan tahunan yang dibuka oleh Mgr. Julius Sunarka SJ membicarakan revitalisai FPBN.

Pertemuan tahunan ke XIII dihadiri 9 LSM Perburuhan, telah berhasil membentuk team kerja hingga 3 tahun kedepan: Maria Domin sebagai Koordinator. Sekretris & Bendahara dijabat oleh Indro (Surabaya). Pj Barat oleh Ibu Liest Pranowo (Bogor) dan PJ Timur dipercayakan kepada Wisnu (Surabaya). Sedangkan Info Doc dipercayakan kepada sdr Andreas Shukur (Jakarta)

Tiga Paket Undang – Undang Perburuhan

Keterpurukan & kemiskinan buruh merupakan akibat kebijakan politik negara. Buruh tidak mampu berpartisipasi berpolitik untuk menentukan kesejahteraan.

Tiga paket UU Ketenagakerjaan, yakni UU No.21/2000 tentang ”Kebebesan Berserikat”, UU No. 13/2003 tentang ”Ketenagakerjaan” dan UU No.2/2004 tentang “Pengadilan Perselisihan Hubungan Industrial” (PPHI).

Magang CU di Purwokerto

TANGERANG, BPB- CU PAS bekerjasama dengan Biro Pelayanan Buruh mengirim pengurus dan team kerja CU PAS untuk magang CU Cikal Mas di Purwokerto pada dari tanggal 6-16 Maret 2011.

GARIS Siap Terbit

TANGERANG, BPB - GARIS melakukan rapat koordinasi di Sentrum buruh Citra Raya Tangerang, Senin 21/2. Sdr Hermawan bergabung dengan awak GARIS sebagai tenaga lay out.

Selanjutnya beberapa naskah yang masuk ke meja redaksi mengalami proses editing dan lay out. Diharapkan Garis siap terbit pada Minggu ke II dalam bulan Maret. (***)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar