Minggu, 11 September 2011

No. 8 Tahun ke-I, Agustus 2011 BPB News Informasi Geliat Biro Pelayanan Buruh LDD- KAJ Email : bpb.ldd@gmail.com

Acara Buka Bersama

Sebanyak 39 buruh yang bergabung dengan FBB maupun CU PAS mengadakan acara buka bersama di Sentrum Buruh, Gang Cello 5 , Citra Raya Tangerang, Sabtu, 13/8.

Acara diisi dengan kilas balik keberadaan FBB sebagai gerakan buruh alternatif, yang didukung oleh gerakan ekonomi kerakyatan.

Selanjutnya, peserta menyepakati agenda kegiatan FBB kedepan, antara lain: diksar CU PAS bagi buruh PT STI (September 2011), Gerakan Buruh (Oktober 2011)

Menyoal Kontrak & THR

Sebanyak 27 buruh kontrak & outsourcing yang bergabung dengan OBKO Cikoneng, mengadakan buka puasa bersama di Cikoneng, ....

Mereka mengaku waktu kerjanya yang panjang, karena bekerja harus berdasarkan target.

Selain waktu kerja yang panjang, mereka tidak menandatangin surat perjanjian kontrak. Walau perjanjian kontrak dalam bentuk lisan sering dilanggar oleh perusahaan.

Upah yang diterima UMR ”all in”, artinya termasuk upah lembur. Jika tidak memenuhi target, waktu diperpanjang hingga target tercapai.

Sementara THR mereka dibayar tidak sesuai dengan peraturan. Seperti, buruh yang sudah bekerja 3 tahun hanya memerima THR Rp. 250.000,- Masa kerja buruh dibawah 1 tahun hanya mendapat THR sebesar Rp. 50.000,-

Menemui Aktivis Buruh

L. Gathot Widyanata melakukan kunjungan pada para aktivis buruh di Bantar Gebang Bekasi, Sabtu, 6/8.

Beberapa aktivis buruh yang berhasil ditemui, seperti: sdr Amin , mantan pengurus SPI Winer Bantar Gebang –Bekasi. Disamping Amin, juga Samsul yang pernah aktif dalam Front Buruh Narogong Bekasi.

CU PAS

Menurut Hermawan, staf pengelola CU PAS: hingga akhir Juli 2011, anggota CU PAS berangsur – angsur bertambah, walau angka relative kecil.

Tidak hanya anggota yang bertambah tetapi anak – anak buruh yang menabung di TAS (Tabungan Anak Sekolah) meningkat.

Hingga bulan Juli 2011, anggota CU PAS mencapai 78 orang Sedangkan aset yang dimuliki oleh CU PAS sebanyak Rp. 103.000.000,-

Kesulitan CU PAS dalam menyiapkan program pembukuan. Untuk proses pencatatan pembukuan, sementara dilakuakan secara manual.

Pada bulan September 2011, CU PAS bekerjasama dengan OBKO Tigaraksa akan mengadakan temu peserta TAS- CU PAS bersama orang tua di Susteran Matagara – Tigaraksa Tangerang.

GARIS

Sebanyak 5 orang yang aktif bekerja di Media GARIS bertemu, guna mempersiapkan terbitan GARIS edisi 09/IX/Juli – September 2011, di Gang Cello 5 Citra Raya Tangerang, Senin,15/8.

Selain mengecek naskah yang masuk ke meja redaksi, team kerja GARIS membuat inventarisasi naskas. Setelah itu, naskah tersebut dimasukan kedalam rubrik GARIS.

Dua minggu kedepan (16 – 27 Agustus 2011), naskah selesai diedit dan lay out. Pada awal September 2011, naskah GARIS edisi 9/IX/Juli – September 2011 masuk cetak.

Aksi Peduli Sesama

Sebanyak 109 buruh dampingan Biro Pelayanan Buruh – LDD KAJ memperoleh paket APS (Aksi Peduli Sesama), Sabtu, 20/8. Satu paket berisi: 3 liter beras, 1 kg gula pasir, ¼ gula merah, ½ kg tepung terigu, 1 liter minyak goreng, ¼ kg kacang hijau.

APS tersebut diberikan dengan cara membayar dan tidak menutup kemungkinan untuk gratis bagi yang benar – benar tidak memiliki uang. Tercatat 23 buruh menerima dengan Cuma – Cuma dan 86 buruh menerima dengan membayar.

Sementara buruh PT. Glopac Indonesia yang sedang melakukan aksi di Komnas HAM dan di depan pabrik PT Glopac Indonesia Cikarang – Bekasi mendapat bantuan APS sebanyak 100 kg beras dan 5 dus mie instan.

Menurut Bapak Andreas Shukur, walau bantuan relatif kecil, buruh tetap membutuhkan. Kelemahan program APS pada soal pendataan, mengingat waktu yang terbatas.

Aksi Buruh PT Golden Tatek

Sejak tanggal 25 Juli 2011, buruh PT Golden Tatek mengadakan aksi kemah di depan Pabrik PT Golden Tatek- Cikupa Tangerang.

Tutuntan mereka dipekerjakan kembali, setelah di PHK sepihak oleh perusahaan.

Sebagian besar dari mereka adalah buruh perempuan yang sudah bekerja pada kisaran 2 – 8 tahun.

Sebanyak 53 buruh PT Golden Tatek yang melakukan aksi dari 200 buruh yang di PHK sepihak.

Aksi Buruh PT Glopac Indonesia

Biro Pelayanan Buruh – LDD KAJ melakukan kunjungan dan solidaritas pada buruh PT Glopac Indonesia yang sedang melakukan aksi di kantor KOMNAS HAM Jakarta, Senin, 8/8.

Sementara, pada tanggal 8 Agustus 2011, perwakilan buruh PT Glopac Indonesia akan bertemu dengan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi untuk mencari jalan keluar agar buruh PT Glopac dipekerjakan kemabli.

Disamping itu, buruh PT. Glopac Indonesia (Ismael dkk, ada 30 0rang)) yang ada di KOMNAS- HAM dan di depan Pabrik PT Glopac Indonesia Ciakarang – Bekasi terus melanjutkan persidangan di Pengadilan Negeri di Bekasi.

Sebanyak 60 buruh yang tetap bertahan aksi di KOMNAS- HAM Jakarta, Senin, 8/8. Sedangkan sisanya, 60 buruh tetap melakukan aksi di depan pabrik PT Glopac Indonesia Cikarang – Bekasi. ”Kami akan melakukan konsolidasi dengan peserta aksi untuk membicarakan liburan lebaran yang jatuh pada tanggal 30 – 31 Agustus 2011”, ungkap Ismael. (***)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar