Rabu, 29 Februari 2012

No. 13 Tahun ke-II, Februari 2012 BPB News Informasi Geliat Biro Pelayanan Buruh LDD- KAJ Email : bpb.ldd@gmail.com

GARIS Terbit Maret 2012

“SAYA kecewa dan skeptis pada buruh, karena tidak hadir dalam kursus jurnalistik”, ungkap Andreas Shukur, hal itu dikatakan pada rapat pendamping, di Cello 5 No 17, Citra Raya Tangerang, Rabu, 01/2.

Menurut Andreas Shukur, pelatihan jurnalistik agar Media GARIS menjadi milik buruh. “Apakah GARIS mau dilanjutkan atau tidak?”, ungkapnya.

Untuk melihat tanggung jawab pinpinan redaksi, rapat merumuskan tugas dan tanggung jawab pimpinan redaksi sebagai berikut: (1) mengecek dan mengingatkan tulisan, (2) memonitor kerja GARIS, (3) menentukan dan memimpin rapat GARIS, (4) mencari nara sumber.

Selain membicara program, rapat pendamping secara khusus membicarakan penerbitan Media GARIS untuk bulan Maret 2012. Disepakati tema GARIS Maret 2012, yaitu “Buruh dan Media”. Isinya : Tanggapan Buruh terhadap Media, Buruh dan Jurnalistik, Media sebagai alat propaganda buruh. Menggugah minat membaca buruh, mengpa buruh tidak berani mengekpresikan diri, belajar jurnalistik.

Sedangkan isi dari rubik ekonomi, meliputi Pra RAT dan RAT CU PAS, sharing Supriyanto. Rapat menentukan dead line pada tanggal 29 Februari 2012. Semua naskah dikirim ke email bapak Shukur: shukur_SD. Yahoo.co.id.

Team Kerja FPBN

PERTEMUAN team kerja FPBN yang terdiri coordinator , PJ wilayah, sekertaris dan Rm. Moderator di ruang kerja BPB, Rabu, 8/2.

Rapat team kerja FPBN yang dihadiri juga oleh Rm Teguh Pr dan Rm Edi Mulyono SJ melihat dengan kritis keterlibatan LO – LO dalam perjalan FPBN.

Selain itu, rapat menentukan alur pembicaraan & materi rapat tahunan yang akan diselenggarakan dari tanggal 17 – 19 April 2012, di Malang. (gt)

Pertemuan Pemerhati Buruh

“SAYA merasa senang bertemu dengan teman – teman, karena kita bisa berdiskusi dan melakukan kerjasama untuk mengatasi persoalan yang ada disekitar kita”, ungkap Rm Felix, SSCC, pastor kepala Paroki St. Odilia Citra Raya- Tangerang.

Hal ini, diungkapkan pada pertemuan para pemerhati buruh Dekanat Tangerang, yang dihadiri oleh Rm Felix, SSCC, Rm Tony, SSCC, Fr. Delon, SSCC, Rm. Adi OSC, Wartoyo SJ, Andreas Shukur, Angeline SFD, Jean HK, Gathot dan 3 buruh, di Paroki St Odilia Citra Raya, Kamis, 9/2.

Selain menyatukan Visi gerakan pelayanan bagi buruh industri dengan Paroki St. Odilia yang mayoritas umatnya bekerja di pabrik, juga membaca data yang telah direkap oleh Sr. Angelin SFD.

Berdasarkan data yang masuk minat buruh yang terdata, ingin mengembangkan diri dibidang entrepreneurship sebagai bidang alternative yang mendatangkan pennghasilan.

Oleh karena itu, seksi perburuhan Dekanat Tangerang akan menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pelatihan entrepreneurship pada hari Minggu, 22 April 2012 di Tangerang.

Pelatihan Jurnalistik II

PELATIHAN jurnalistik yang kedua, dilaksanakan di Sentrum Buruh , Jl Cello 5 No 17 Citra Raya Tangerang, Minggu 19/2. Pelatihan ini dihadiri oleh 8 orang termasuk pendamping.

Pelatihan yang difasilitasi oleh Mbak Restu, mereview materi dasar yang sudah diberikan pada pelatihan jurnalistik I. Pada pertemuan ini, peserta diajak bersama untuk melihat dan mengoreksi artikel masing – masing peserta yang sudah dibuat sebagai PR.

Dari temuan yang ada, para peserta peserta masih mengalami kesulitan dalam membuat “outline”. Meski demikian , Andreas Shukur sebagai penanggung jawab Media GARIS tetap memberi motivasi agar para peserta tetap bersemangat dalam berlatih. “Inilah studi praktis dan efektif, -belajar sambil praktik”, ungkapnya.

Dua hal penting yang perlu dikuasai oleh para peserta yaitu dapat membuat berita dan membuat artikel dan diharapkan mampu menyumbangkan potensi tulisannya ke Media GARIS.

Dalam pelatihan yang kedua peserta cukup semangat, kesempatan waktu pelatihan dari pukul 10.00 – 17.00 WIB digunakan dengan baik.

Hasil tulisan sebagian masih belum direvisi, karena keterbatasan waktu maka tulisan – tulisan dikumpulan saja, rencana akan di edit oleh Andreas Shukur. Semoga ke depan teman – teman semakin terlibat di Media GARIS (Stella, HK).

Sosialisasi Tema APP 2012

SEBANYAK 71 buruh katolik yang bekerja di berbagai manufaktur di kawasan industri Tangerang dan Bekasi mengikuti sosialisasi tema APP KAJ 2012, di Aula LDD, Jl. Katedral 5 Jakarta Pusat, Minggu 26/2.

Pada session pertama, Rm Edi Mulyono SJ ketua PSE KAJ menjelaskan tema APP 2012, yakni “Dipersatukan Dalam Ekaristi Diutus Untuk Berbagi”.

Bapak A. Widyahadi Seputra pada session kedua, menekankan aspek pertobatan dalam masa prapaska dan retret Agung Gereja. Disamping itu, ia memperkenalkan bahan – bahan APP untuk membantu umat untuk menjalankan Retret Agung Gereja.

Pada session ketiga, Bapak Supomo, menjelaskan “Panduan Aksi Nyata Prapaskah (ANP) Keuskupan Agung Jakarta Tahun 2012.

Andreas Shukur dari Biro Pelayanan Buruh menutup kegiatan sosialisasi tema APP 2012 dengan memperlihatkaqn carut marutnya persoalan perburuhan terkini.

Sebagai tindak lanjut, buruh katolik yang hadir dalam pertemuan tersebut, membuat rencana aksi di masing – masing komunitasnya (gt)

(***)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar